Sepatu Buat Si Kaki Berbunion

9:53 PM

Bismillahirrahmanirrohim...

Memiliki kaki dengan kelainan tulang pada pangkal jempol atau dalam istilah medisnya bunion atau  Hallux Valgus (hallux abducto valgus) kadang bikin kesulitan dalam memilih sepatu. Salah sedikit membuat tidak nyaman. Buat yang belum tau apa itu bunion bisa lihat di ilustrasi ini. Saya tidak berani mencari terlalu dalam bunion ini karena hasil pencariannya semakin syerem.
Sampai hari ini saya baru bertemu secara nyata dengan 3 orang yang memiliki bentuk kaki berBunion yaitu bapak saya (mantan atlit Marathon kodya Pare-Pare di tahun 70an), Ibu Mertua saya dan teman lari saya. Konon bunion ini faktor keturunan juga bisa terbentuk karena keseringan pakai sepatu sempit. Saya juga tidak tahu sejak kapan menyadari adanya benjolan ini. tapi sejak kecil memang saya menyadari bentuk telapak kaki saya lebar dan flat karenanya jadi susah cari sepatu karena sepatu normal semua bentuknya ramping.

Karena bentuk kaki yang unik ini, Bapak saya suka menghibur dengan mengatakan "Kaki seperti kita ini kaki kuat berjalan jauh dan naik gunung" dan kebetulan saja diantara bersaudara saya yang paling suka jalan dan mendaki gunung serta kegiatan outdoor lainnya. Setelah pensiun dini dari klub sepeda gunung saya dan suami mulai berjalan,jogging dan berlari. Akhir 2014 saya mulai rutin berlari. 

Permasalahan mulai muncul, karena sepatu yang tidak sesuai dengan bentuk kaki saya merasakan sakit di area benjolan bunion kaki kanan dan kiri. Setelah bertemu dengan teman sesama runner berbunion saya tanya-tanya sepatu apa yang membuatnya nyaman, ada beberapa merk yang dia sebutkan tapi pas lagi ada diskonan sepatu Brooks edisi lawas (2014) yang ditraktir oleh pak Suami. dari pilihan Brooks seri Ghost 7, Glycerin 12 dan Adrenalin 12 akhirnya saya memilih Glycerin 12 Utamanya pada Comfort dan area Bunion, terbuat dari mesh yang mengakomodir bentuk menonjol si bunion.
http://www.gearinstitute.com/running/item/brooks-glycerin-12

Sepatu Brooks ini ada beberapa tipe yang membedakan adalah bentuk di bagian depan mau lebar atau langsing, sangat membantu. Fix order 1 nomer diatas nomer sepatu yang saya pakai 38 menjadi 39 dengan pertimbangan untuk persiapan long run kaki memuai. Saya awalnya agak ragu karena dibeli secara online, tapi karena ditraktir ya...ikut deh kata pak PT (personal Trainer) Begitu sepatunya datang benner nyamannn saat dipakai, ringan dan empuk di bagian dalam kaki. Tak sabaran dipakai breaking in jalan cepat 10 menit : NYAMAN !


Okay...sementara menemukan yang pas dan nyaman di kaki dulu itu sudah cukup, 
soal milih warna nanti saja belakangan. 

http://www.solereview.com/brooks-glycerin-12-review/
https://ariefitria.wordpress.com/tag/mengatasi-bunion/

You Might Also Like

0 comments

DIENG CORNER

DIENG CORNER
Owner and Instructure of DIENG CORNER

followers