Plecing Kangkung Sudiang

9:58 PM

Yuhuuu...i'm back!
Yup...saya lagi sangat ingin makan kangkung tapi bosan dengan tumis biasa, tumis terasi, kangkung rebus tambah kajang hiaju dan juga kangkung rebus siram sambel pacel...saya mau yang belum pernah saya bikin :)

Dapat masukan dari hubby bagaimana kalau bikin Plecing kangkung saja? hmmm...menarik...saya pernah sekali makan plecing kangkung tapi tidak tau cara memasaknya, akhirnya dengan kecanggihan teknologi abad ini saya mulai googling sana sini, sini sana dan dari sekian banyak resep Plecing Kangkung yang saya dapatkan dan saya kumpulkan (berbagai variasi masakan plecing kangkung) , terpilihlah resep dari Serdadoe Dapoer untuk dipraktekkan (berdasarkan penilaian bahwa si Reta yang punya blog adalah orang Bali dan punya bakat masak sedari SD, jadi mungkin resepnya bisa lebih original dibanding resep lain mengingat Bali lebih dekat dengan Lombok-kalo tidak salah Plecing kangkung masakan asli Lombok?) 

ini resepnya (nyontek dari blognya Reta)
Bahan Kangkung Rebusnya:
- 1 ikat kangkung, buang akarnya saja dan dicuci bersih-bersih (kangkungnya jangan dipotong-potong, biarkan utuh).

- Setelah itu didihkan air dan tambahkan 1 sendok teh garam, setelah mendidih masukkan kangkung yang sudah dicuci bersih 
(garam tadi fungsinya menjaga warna kangkung tetap hijau) setelah kira-kira 10 menitan kangkungnya diangkat,ditiriskan, dan disuwir-suwir, batangnya dibelah memanjang (fungsinya supaya bumbunya nanti meresap ke sela-sela kangkung)

Kemudian untuk Sambelnya ini bahannya :

- 3 bw putih


- 2 bw merah


- 1 tomat
- 2 cabe besar
- 4 cabe rawit
- 1sdt terasi
- 100 ml air
- 2 sdm minyak
- 1 jeruk limau, belah melintang
- 1 sdt garam
- 1/3 sdt gula


cara masak sambelnya :
-  Haluskan semua bumbu kecuali terasi, minyak, air dan limau
-  Letakan bumbu halus dalam wajan tambahkan air, minyak dan terasi, gunakan api sedang masak hingga air habis, sisihkan.

setelah bumbunya masak, kangkung yang sudah disuwir tadi ditambahkan sambel plecing kangkung dan diberi irisan limau.

Note: 
-saya mencoba resep Reta ini persis sama dengan aslinya tanpa ditambah, dikurangi dan diganti bahannya. hasilnya? Plecing kangkung yang bersahabat dengan perut ibu hamil muda (tidak terlalu pedas) dan bersahabat dengan  yang punya penyakit habis makan pedas langsung mules :).
-Bagi penggemar pedas, cabe rawit bisa ditambahkan sesuai selera, kata hubby kalau yang di Lombok dulu waktu dia kesana Plecing Kangkungnya pedas sekali, tapi segar :) hasilnya 5 hari di Lombok selama itu pula mencret-mencret (hati-hati yang tidak tahan pedas)
- Judul Plecing Kangkung Sudiang diambil dari nama daerah tempat saya bermukim sekarang, aslinya berbeda jauh dengan kangkung Lombok yang besar-besar batangnya dan sangat renyah (hanya bisa membayangkan dalam hati saja kerenyahan kangkung Lombok itu)

You Might Also Like

3 comments

DIENG CORNER

DIENG CORNER
Owner and Instructure of DIENG CORNER

followers