Happy International Women's Day!

11:04 PM

Setiap tanggal 8 maret diperingati sebagai hari Perempuan sedunia, kenapa tanggal 8 maret? ada apa dengan tanggal itu? Menurut sumber yang saya baca, tepatnya pada tanggal yang sama 8 maret tahun 1917, untuk pertama kalinya perempuan diberi hak suara oleh pemerintah Rusia. Inilah yang kemudian menjadi asal usul hari Perempuan Sedunia.

Sejak dulu wanita di seluruh dunia melakukan aksi-aksi seperti : di jaman Yunani kuno para perempuan menolak berhubungan seksual dengan pasangan lelaki mereka untuk menyerukan penghentian peperangan, Perempuan di Paris berunjuk rasa menuju Versailles menyerukan kemerdekaan, kesetaraan dan kebersamaan" menuntut hak perempuan untuk ikut dalam pemilu" selanjutnya kronologis panjang bisa dibaca situs LBH-APIK (Lembaga bantuan Hukum-Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan).

Saya juga tidak mau ketinggalan memperingati hari Perempuan Sedunia ini, bukan dengan aksi turun kejalan, dan koar-koar di jalan  menuju gedung pemerintahan, saya dan 4 orang perempuan yang tergabung di sanggar lukis MakassArt Gallery memilih untuk memamerkan karya lukis kami yang bertema "Perempuan" pada pameran lukisan "5 Perempuan Pelukis Makassar" di lobby hotel Imperial Aryaduta , Makassar mulai hari ini 8~14 Maret, Bagi yang berminat mengapresiasi karya kami silahkan datang ke sana. kalau berminat pun silahkan ...marriiiii :).

Sayangnya pada hari pembukaannya (hari ini) saya tidak bisa ikut karena kondisi tidak fit, saya bagi sedikit hasil jepret kakak saya yang juga salah satu pelukis yang lukisannya di pamerkan disana yah :), Silahkan dinikmati !

 keterangan gambar :
atas kiri lukisan Addis Ababa - Shanti yani (oil on canvas)
atas kanan : Sunflower - Marledy (oil on canvas)
tengah kiri : selfpotrait baju bodo - Anngie (oil on canvas)
tengah kanan: Peniup pui'-pui' - ana (oil on canvas)
Bawah kiri : Dari jendela kamar - saya (mix media)
Bawah kanan: To kajang to Indonesia - saya (mix media)

ps: selain hari Perempuan Sedunia ternyata ada juga Hari Laki-Laki sedunia (19 November) <--- baru tahu :D setelah baca di sini


happy international women's day to all !
be smart, be happy, and more wise




You Might Also Like

0 comments

DIENG CORNER

DIENG CORNER
Owner and Instructure of DIENG CORNER

followers